Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Jenazah Korban Longsor Ditemukan Berpelukan

Kompas.com - 26/11/2012, 10:46 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Empat jenazah dari lima korban longsor di Curug Cipalasari, Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, saat pertama kali ditemukan dalam posisi telungkup sambil berpelukan. Keempatnya ditemukan setelah warga setempat membongkar material longsoran, Minggu (25/11/2012) sore.

Salah seorang warga setempat yang pertama kali menolong adalah Bina (30). Menurut Bina, dia mengetahui ada warga yang tertimpa longsor dari Ajengan Adang, tokoh masyarakat di kampungnya.

"Empat orang itu saling peluk saat pertama ditemukan. Ada yang luka di kepalanya," jelas Bina di sela-sela membantu proses pencarian satu lagi korban, Senin (26/11/2012) pagi.

Setelah mendapat kabar itu, sekitar 20 orang warga bersama dirinya terjun ke sungai untuk mencari korban. Kata Bina, jenazah para korban awalnya tidak terlihat dari permukaan sungai.

Warga kemudian meraba-raba dasar sungai dan menyingkirkan material longsoran dengan harapan dapat menemukan jasad korban. "Setelah diangkat bebatuannya, baru ditemukan mayat yang bertumpuk," jelas Bina.

Para korban langsung dibawa ke tepi sungai dan sebagian warga melapor ke Polsek Taraju yang berjarak sekitar empat kilometer dari lokasi kejadian. Setelah petugas kepolisian datang ke lokasi, mayat korban pun langsung dilarikan ke Puskesmas Taraju.

"Saat itu belum ada siapa-siapa. Hanya warga sekitar aja yang langsung menolong," kata dia sembari menunjukkan tempat pertama kali korban ditemukan.

Sampai berita ini diturunkan, proses pencarian dan pengangkatan korban masih dilakukan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polri, TNI, dan dibantu warga setempat dengan alat manual. Sedangkan korban bernama Ulum diduga masih tertimbun longsor dan belum ditemukan jasadnya.

Baca juga:

- Jalan Sempit, Pengangkatan Korban Terhambat
- Seorang Anak Diduga Masih Tertimbun Longsoran
- Longsor di Tasikmalaya Timbun 5 Orang
- Lima Korban Longsor Sedang Mandi dan Foto-foto Pakai Ponsel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com