Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Ujian Kompetensi, Siswa Bolos Sekolah

Kompas.com - 02/11/2012, 13:40 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

GOWA, KOMPAS.com — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Gowa, Jumat (2/11/2012) pukul 10.00 Wita, merazia pelajar bolos sekolah di kawasan Lapangan Syekh Yusuf Discovery Sungguminasa. Dalam razia tersebut, petugas Satuan Polisi Pamong Praja menemukan para pelajar SMP ataupun SMA yang nongkrong di Lapangan Syekh Yusuf.

Setelah diberikan arahan dan disuruh menandatangani surat pernyataan tidak bolos lagi, para pelajar tersebut akhirnya dikembalikan ke sekolah masing-masing. Petugas lapangan bagian penyelidikan penindakan Satpol PP Gowa, Abdul Latif HAS, mengakui, akhir-akhir ini banyak pelajar, khususnya SMP dan SMA, yang bolos dengan berbagai alasan.

"Untuk hari ini, para siswa mengaku gurunya tidak masuk karena mengikuti ujian kompetensi guru (UKG) sehingga diperbolehkan pulang," ungkap Abdul Latif, Jumat (2/11).

Abdul Latif mengatakan, pihaknya juga tidak berani memberi sanksi karena masih ada pembinaan di sekolah yang bersangkutan. Pihaknya hanya menasihati mereka agar tidak bolos bila gurunya tidak ada. Dia pun menyarankan, jika masih di jam-jam sekolah tidak ada aktivitas belajar, para siswa bisa membaca buku di perpustakaan atau kegiatan bermanfaat lainnya hingga jam pulang.

Dia menyatakan, jika masih menemukan pelajar bolos dengan orang yang sama, pihaknya akan memanggil pihak sekolah yang bersangkutan untuk memberi sanksi.

"Sebenarnya, para siswa yang bolos sudah diberi peringatan, tetapi tetap masih ada yang membandel dan sudah seharusnya diberi sanksi oleh pihak sekolah sehingga tidak melakukan lagi perbuatannya. Lapangan Syekh Yusuf Sungguminasa dan sekitarnya memang menjadi sasaran orang bolos sekaligus tempat pertemuan sehingga harus dicegah sedini mungkin," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com