Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Bata dan Beton dari Sisa Asamasam

Kompas.com - 24/07/2012, 14:56 WIB
Defri Werdiono

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Proses pembuatan bata beton ringan dengan memanfaatkan abu batubara sisa produksi (fly ash dan bottom ash) Pembangkit Listrik Tenaga Uap Asamasam di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, makin mendekati realisasi. Baru-baru ini telah ditandatangani kerangka acuan analisis mengendai dampak lingkungan perusahaan tersebut.

"Untuk memulai produksi, tinggal menunggu amdal (analisa mengenai dampak lingkungan) selesai," ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Kalsel Ikhlas, Selasa (24/7/2012), di Banjarmasin.

Menurut Ikhlas, tidak perlu waktu lama untuk menyelesaikan semua prosedur lingkungan asalkan pihak perusahaan lebih aktif mengurus.

Adalah PT Sircon Inti Persada, salah satu perusahaan asal Jawa Timur yang siap mencetak bata dari sisa-sisa proses pembakaran tersebut. Selama ini pemanfaatan abu sisa itu masih sangat minim, kurang dari 1 persen.

Sementara dari hari ke hari penambahan volume abu terus terjadi. Dalam sehari terdapat penambahan sebesar 160 ton sehingga jumlah total saat ini mencapai 146.000 ton lebih. Jumlah tersebut hanya berasal dari Pembangkit Unit I dan II, belum termasuk Unit III dan IV nantinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com