Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengiriman Raskin Dilakukan Lebih Cepat

Kompas.com - 14/12/2011, 15:48 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com -- Pemerintah Kabupaten Merauke, Papua, mengirimkan lebih cepat beras untuk masyarakat miskin (raskin) ke kampung-kampung pedalaman di pesisir selatan Pulau Kimaam. Ini dilakukan untuk mengantisipasi cuaca buruk dan gelombang laut tinggi di laut Arafuru, Merauke, yang dapat mengakibatkan pengiriman raskin terhambat.

Kepala Dinas Sosial Merauke, Latang menuturkan, pada bulan Januari-Februari ombak di perairan laut Merauke paling tinggi. Kondisi itu tidak memungkinkan pengiriman beras menggunakan kapal motor ke kampung-kampung pedalaman di Distrik Waan yang berada di pesisir Selatan Pulau Kimaam. Karena itu, pengiriman raskin dilakukan sebelum musim ombak tinggi.

"Itu untuk antisipasi cuaca buruk, gelombang tinggi. Sekarang kami sudah isi gudang di sana (Disrtrik Waan) dengan menyuplai raskin," kata Latang, Rabu (14/12/2011) di Merauke.

Latang menuturkan, pengiriman raskin ke Distrik Waan hanya bisa dilakukan melalui jalur laut. Bila distribusi dilakukan pada Januari-Februari terlalu berisiko bagi keselamatan pelayaran. Pengiriman raskin juga dikhawatirkan akan terlambat. Karena itu, pengiriman raskin dilakukan pada Desember.

Raskin yang dikirimkan ke Waan mencapai 46 ton bagi 1.038 penerima. "Pengiriman itu untuk kebutuhan tiga bulan," ujar Latang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com