Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Orang Ajukan Adopsi Bayi yang Dibuang

Kompas.com - 17/11/2011, 15:22 WIB

BONTANG, KOMPAS.com - Sebanyak tiga orang mengajukan diri untuk mengadopsi bayi telantar yang ditemukan warga beberapa hari lalu di Bontang, Kalimantan Timur.

"Usai dijeguk oleh pengurus Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Bontang, bayi telantar yang saat ini tengah dirawat di RSUD Taman Husada, telah ada tiga calon orang tua yang siap mengadopsi dengan mendaftar melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dissosnaker) Kota Bontang," kata Kabid Sosial Dissosnaker, Agus M, di Bontang, Kamis (17/11/2011).

Tiga keluarga yang berminat mengadopsi bayi yang ditelantarkan ibu kandungnya itu memiliki berbagai latar pekerjaan mapan, antara lain Dede, pegawai rumah sakit, Noni M Palit, notaris, dan seorang anggota TNI di Arhanud Rudal 002 Kota Bontang.

Agus menjelaskan bahwa proses adopsi seorang anak cukup banyak dipersyaratkan. Dan hingga beberapa hari ke depan, pendaftaran adopsi masih akan dibuka bagi masyarakat luas.

"Setelah semua persyaratan dipenuhi dengan mengisi blanko yang telah disiapkan sesuai prosedur adopsi, maka seluruh berkas yang telah masuk dan lengkap akan dibawa ke Dinas Sosial Provinsi Kaltim untuk dilakukan verifikasi kelayakan orang tua adopsi oleh tim," kata Agus.

Nantinya calon orang tua adopsi akan diperiksa dalam segi kemampuan materi, mental dengan pemeriksaan psikolog, hal ini dimaksudkan masa depan bayi terlantar mendapatkan kelayakan hidup dan terjamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com