Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamasati Akan Lapor ke Polda Jatim

Kompas.com - 14/10/2011, 15:13 WIB
Anwar Hudijono

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Komunitas Masyarakat Sadar Teknologi Informasi Indonesia (Kamasati) dijadwalkan Senin (17/10/2011) akan melapor ke Kepolisian Daerah Jatim terkait dengan sedot pulsa atau rampok pulsa, yang dilakukan operator seluler dan jasa penyedia layanan (content provider).

Koordinator Kamasati Teguh Ardi Srianto di Surabaya, Jumat (14/10/2011), mengatakan, semula pelaporan akan dilakukan pada Jumat ini, tetapi karena data-data dinilai kurang, maka lebih baik ditunda sampai Senin.

Sudah ada lima orang yang meminta agar kejahatan sedot pulsa ini dilaporkan kepada kepolisian. Karena intinya sama, maka kemungkinan hanya dua kasus saja yang kami laporkan ke Polda. Toh, isinya sama saja, kata Teguh.

Teguh menegaskan, tindakan sedot pulsa sebagai aksi kriminalitas yang sistemik sehingga merugikan para pengguna selular, dala m waktu yang singkat, dengan keuntungan yang sangat besar. Kondisi itu tidak bisa dibiarkan berlarut karena kasus ini sebenarnya sudah sering terjadi sejak sekitar tahun 2009.

Kalau kasus-kasus seperti itu dibiarkan, kata Teguh, maka yang akan jadi korban adalah rakyat kecil, mereka merupakan konsumen atau pengguna sarana teknologi selular yang sangat besar di Indonesia, khususnya pra bayar.

Diakui, banyak korban yang tidak sadar telah menjadi korban kejahatan sedot pulsa itu. Ada juga yang tidak tahu harus berbuat apa. Ada juga yang sadar jadi korban tetapi tidak mau diproses secara hukum karena dikhawatirkan malah bikin repot.  

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com