Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rosida, Fotografer Bertangan Buntung

Kompas.com - 14/09/2011, 15:28 WIB

 YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Keterbatasan tak membatasi Rosida (43), penyandang cacat, untuk berkarya seperti layaknya orang normal. Meski kedua tangannya buntung sejak lahir, Rosida bisa bekerja sebagai fotografer.

Jika melihat kedua tangan Rosida yang buntung, orang tak akan mengira ia bisa mengoperasikan kamera DSLR. Namun, hanya dengan separuh lengan tangan, perempuan satu anak asal Purworejo ini ternyata bisa menghasilkan foto-foto indah.

"Dulu awalnya saya hanya bisa menjahit. Kemudian saya ingin belajar keterampilan lain. Saya lalu belajar memotret di Yayasan Penyandang Anak Cacat Yos Sudarso, Purworejo," kara Rosida, Rabu (14/9) di sela acara Canon Photomarathon Indonesia, di Yogyakarta.

Saat belajar memotret, Rosida masih memakai kamera manual. Agar hasil foto jelas, kamera miliknya harus dimodifikasi khusus. Namun, setelah muncul kamera digital, Rosida semakin mudah memotret dan tak perlu lagi memodifikasi kamera.

"Ya lumayan, memotret bisa menjadi pemasukan tambahan bagi keluarga saya. Beberapa hari lalu saya diundang memotret di Hotel Kempinski Jakarta," tambah Rosida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com