Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Segera Punya "Busway"

Kompas.com - 04/08/2011, 15:22 WIB

DENPASAR.KOMPAS.com — Masalah minimnya transportasi massal di Bali yang selama ini dikeluhkan masyarakat dan wisatawan segera berakhir. Pemerintah Provinsi Bali akan  meluncurkan bus Trans Sarbagita (Denpasar, Badung, Gianyar, dan Tabanan) yang mulai di ujicobakan akhir bulan ini.

"Sebuah transportasi yang terintegrasi antarjaringan trayek, dari kabupaten/kota dengan trayek antarprovinsi," ujar Kepala Dinas Perhubungan Bali Made Santha kepada wartawan di Kantor Pemerintah Provinsi Bali, Kamis (4/8/2011).

Operasional bus Sarbagita ini hampir mirip dengan busway.  Bedanya, koridor bus Sarbagita ini tersebar di empat kota dan kabupaten. Dengan demikian jangkauannya lebih luas.

"Total trayek atau koridor ada 17 dengan total halte 24 yang dibangun di pusat keramaian," jelas Made Santha.

Tarifnya sama dengan bus Transjakarta, yakni Rp 3.500 untuk masyarakat umum. Kelebihan Trans Sarbagita ini memiliki tarif untuk pelajar yakni Rp 2.500.

Pada uji coba tahap pertama ini, trayek yang akan ditempuh adalah Batu Bulan-Nusa Dua.

Sementara untuk operasional keseluruhan, Pemprov Bali telah menyiapkan 15 bus Trans Sarbagita berukuran besar dan sedang. Bus ukuran besar memiliki kapasitas 40 kursi, sementara untuk bus ukuran sedang 20 kursi.

Bus berukuran besar akan ditempatkan pada trayek-trayek jalur utama antarkota/kabupaten seperti kawasan By Pass Ngurah Rai, sementara bus ukuran sedang difokuskan pada trayek dalam kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com