Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bumi 5,7 SR Guncang Mukomuko

Kompas.com - 19/06/2011, 13:11 WIB

MUKOMUKO, KOMPAS.com — Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Minggu pukul 11.58 WIB diguncang gempa bumi dengan kekuatan 5,7 skala Richter, berlokasi 3.33 lintang selatan dan 101 bujur timur kedalaman 26 kilometer.

"Sumber gempa bumi yang berpusat di daerah ini kami peroleh dari BMKG," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Jasni Bahari di Mukomuko, Minggu (19/6/2011).

Ia mengatakan, tidak ada korban nyawa manusia maupun bangunan rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa yang terjadi sebentar itu, termasuk ancaman tsunami dari sepanjang pantai daerah ini.

"Saat terjadi gempa warga langsung keluar rumah, tetapi setelah itu warga kembali masuk kerumah," katanya.

Menurut dia, BPBD telah hanya memberikan imbauan kepada warga masyarakat di daerah itu selalu waspada dengan cara menjauh dari bangunan yang berpotensi roboh supaya tidak ada korban manusia.

"Setelah gempa yang sempat mengejutkan warga itu, kini kondisi daerah ini kembali tenang dan warga tetap menjalani rutinitas pada hari libur ini," katanya.

Ia menerangkan, antisipasi gempa susulan perlu di lakukan oleh warga masyarakat khususnya yang bermukim di sepanjang pesisir pantai.

"Warga sudah kami berikan pengetahuan cara mengenali pantai setelah terjadi gempa, sebagai dasar untuk melakukan tindakan siaga terhadap bencana alam," katanya.

Selanjutnya, BPBD akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah kecamatan dan desa supaya bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah setempat dalam memberikan pengarahan kepada warga.

"Untuk menghindari isu yang tidak benar yang bisa merugikan warga setelah meninggalkan rumah dan pergi ketempat pengungsian," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com