Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKM UGM Latih Pemanfaatan Limbah Ikan

Kompas.com - 02/06/2011, 22:09 WIB

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com — Guna meningkatkan kebersihan lingkungan dan menciptakan kesejahteraan masyarakat di kawasan pantai, Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Gadjah Mada menggelar pelatihan pengelolaan dan pemanfaatan limbah ikan sebagai tepung dan silase, Kamis (2/6/2011) di Pantai Baron, Kecamatan Tanjungsari.

Menurut ketua program kegiatan tersebut, Andi Hakim, dalam program ini Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Gunung Kidul melalui lima tahap mata kegiatan, yakni sosialisasi, pendidikan dan pelatihan, pengadaan sarana dan prasarana, pembentukan kelompok dan pendampingan, serta sosialisasi kegiatan.

"Pelatihan dilakukan untuk memberikan keterampilan mengolah limbah kepada masyarakat agar nantinya limbah yang ada di Tempat Pelelangan Ikan Pantai Baron dapat dikelola dan dimanfaatkan secara maksimal," kata Andi Hakim, Kamis.

Andi menambahkan, pengadaan sarana dan prasarana juga dilakukan guna mendukung kelanjutan kegiatan tersebut sehingga dapat dijadikan modal awal untuk pengelolaan limbah selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com