Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kokpit Merpati M-60 Akhirnya Ditemukan

Kompas.com - 10/05/2011, 13:23 WIB

KAIMANA, KOMPAS.com — Tim gabungan penyelam berhasil menemukan lokasi kokpit pesawat Merpati M-60 yang jatuh di Teluk Kaimana, Papua Barat, Sabtu lalu, pada pukul 14.00 WIT, Selasa (10/5/2011).

Lokasi temuan bagian moncong pesawat itu berada sekitar 100-200 meter dari titik pencarian selama tiga hari sebelumnya. Sebelum ditemukan, tim Basarnas melakukan penyisiran menggunakan metal detector (pendeteksi logam).

Setelah menentukan beberapa lokasi baru, mereka menandai logam yang terdeteksi di dalam laut dengan bola-bola pelampung. Ada sekitar empat lokasi baru yang ditandai. Untuk memastikan lokasi dan posisi kokpit, penyelam memotretnya dengan kamera dalam air. "Posisinya terbalik. Roda di atas," ujar salah seorang penyelam.

Sementara ini, penyelam kesulitan untuk masuk ke dalam kokpit karena patahan badan pesawat yang runcing. Jerry, salah satu penyelam, mengatakan bahwa penyelam mengalami kesulitan karena tak ada celah untuk masuk akibat tertutup pipa-pipa dan badan pesawat lainnya. Karena laut keruh dan bagian itu tertimbun pipa, sulit dipastikan apakah ada jenazah di dalam kokpit.

Tim gabungan penyelam terdiri dari 21 orang dari Basarnas, Polisi Air, PMI, TNI AL, dan Conservation International Indonesia (CI Indonesia). Mereka menyelam secara berpasangan dengan bekal senter. Meski cuaca cerah, arus yang deras dan keruh oleh lumpur menyulitkan para penyelam untuk menyisir dan memastikan kondisi kokpit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com