Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Harga Anjlok Bikin Petani Karawang Cemas

Kompas.com - 21/02/2011, 15:39 WIB

KARAWANG, KOMPAS.com — Kabar penurunan produksi dan anjloknya harga gabah di sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur membuat sejumlah petani di Karawang, Jawa Barat, cemas. Pasalnya, kondisi tanaman dan panennya relatif baik, sementara harga gabah masih tinggi.

"Harga gabah di sini masih Rp 3.200-Rp 3.300 per kg gabah kering panen (GKP), beda dengan di daerah lain yang dikabarkan menyentuh angka Rp 2.200-Rp 2.400 per kg GKP. Takutnya tengkulak jadi terbawa dan menekan harga di tingkat petani," kata Darmi (55), petani di Desa Tegalsawah, Kecamatan Karawang Timur, Senin (21/2/2011).

Sebagian petani di Karawang kini mulai panen. Kondisi serangan hama penyakit relatif terkendali dengan produktivitas berkisar 7 ton GKP per hektar. Di beberapa lokasi panen di Kecamatan Karawang Barat, Karawang Timur, dan Majalaya, gabah laku dijual Rp 3.000-Rp 3.300 per kg GKP.

"Mudah-mudahan harga tetap di atas standar harga pembelian pemerintah (HPP) sebesar Rp 2.640 per kg GKP saat panen raya Maret-April mendatang. Demi menjaga harga tetap stabil, kami berharap pemerintah bertindak," tutur Enoh (70), petani di Desa Lemahmulya, Kecamatan Majalaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com