Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sayap Pesawat Trike Ditemukan

Kompas.com - 07/07/2010, 14:03 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Tim SAR gabungan jalur darat yang bertugas mencari pesawat Microlight jenis Trike PK-S 135 yang hilang di perbukitan antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut, Minggu (4/7/2010) melaporkan penemuan bagian pesawat di areal perbukitan Cileleuy Kecamatan Pamulihan Kabupaten Garut, pada Rabu pagi.

Namun, karena cuaca di wilayah tersebut sangat buruk, hingga kini tim SAR belum mampu menembus lokasi itu. Koordinator Tim SAR Gabungan jalur udara Saleh Sudrajat mengatakan, lokasi tersangkutnya bagian pesawat diperkirakan berada di perbukitan di ketinggian 6.200 kaki di atas permukaan laut.

"Lokasi tersebut berjarak empat jam dari Kampung Cileleuy. Medannya sangat berat, jadi memang sangat sulit mencapai titik itu," ujarnya.

Pencarian pada Rabu ini mengerahkan satu unit helikopter Augusta 109 dari maskapai penerbangan Susi Air. Selain itu, digunakan pula satu unit Fixed Wing Teknam PK-STV dan dua unit pesawat Trike milik Saleh Sudrajat dan Ivan.

Lokasi pencarian difokuskan di Gunung Puntang, Gunung Malang, Gunung Masigit dan Gunung Kendang. Pencarian dipimpin langsung Komandan Lanud Sulaeman, Kolonel (Pnb) Gutomo. Tim pencari juga diperkuat 35 anggota Paskhas TNI AU yang menyisir kawasan Pasirjambu, Bumbulang.

Terkait informasi penemuan sobekan kain dan GPS kemarin, Gutomo juga menyatakan, setelah dikonfirmasi hal tersebut belum dapat dipastikan. Pencarian lewat udara juga dihentikan pukul 13.15 karena cuaca yang sangat buruk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com