Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Organisasi Singapura Himpun Dana untuk Sumatera

Kompas.com - 03/10/2009, 07:33 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Beberapa organisasi di Singapura menghimpun sumbangan untuk korban gempa bumi di Sumatera Barat, kata ChannelNews Asia, Jumat.

Yayasan Rahmatan Lil Alamin dengan dukungan dari masjid-masjid di Singapura, mengumpulkan sumbangan pada shalat Jumat, sedangkan Asosiasi Asoka Singapura mendorong 3.500 anggotanya untuk berderma di Tampines, Telok Blangah dan Bukit Panjang, Minggu.

Semua hasil sumbangan dari dua organisasi keagamaan itu akan disalurkan melalui Mercy Relief yang empat aktivisnya telah berada di Padang untuk misi kemanusiaan sepekan.

CIMB (sebuah bank Malaysia) cabang Singapura menyelenggarakan "CIMB`The Star Padang Relief Fund".

Program itu mengampanyekan agar nasabah dan publik di Singapura, Thailand, Malaysia dan Indonesia untuk mendukung dana bagi pemulihan Sumbar yang dilanda gempa bumi berkekuatan 7,6 skala Richter pada Rabu (30/9) sore.

Pemerintah Singapura yang menyiapkan bantuan senilai 500.000 dollar AS, pada Jumat pagi telah memberangkatkan 42 anggota Angkatan Pertahanan Sipil Singapura (SCDF) ke Padang, setelah tertunda beberapa jam karena menunggu kesiapan Indonesia dalam menerima bantuan tim asing.

Tim SCDF dengan sandi operasi Hati Macan, dipimpin Kaidir Maidee, komandan Divisi II Pertahanan Sipil Singapura.

Hati Macan sejak pembentukannya pada tahun 1990, telah melaksanakan 10 misi kemanusiaan luar negeri.

Misi di Sumbar merupakan yang kesebelas di luar negeri. Tim tersebut menyertakan empat anjing pelacak, teropong serat optik, detektor hidup, dan peralatan hidrolik pemotong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com