Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Korban di Cikangkareng Hari Ketiga Nihil

Kompas.com - 04/09/2009, 18:18 WIB

CIANJUR, KOMPAS.com — Pencarian korban gempa dan timbunan longsor oleh tim search and rescue (SAR) serta gabungan warga dan aparat keamanan di lokasi gempa dan tanah longsor Desa Cikangkareng, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sepanjang hari ini, Jumat (4/9), nihil.

Belum ada tambahan jumlah korban yang berhasil dievakuasi dari balik bebatuan besar yang memenuhi desa dan lahan pertanian seluas lima hektar ini pascagempa.

Menurut data di Posko Utama Bencana, jumlah korban yang berhasil dievakuasi adalah 25 orang. Seluruhnya telah tewas saat ditemukan. Dengan demikian ada sekitar 30 korban lagi yang belum ditemukan karena tertimbun longsoran tanah yang mengikuti peristiwa gempa tektonik berkekuatan 7,3 SR yang berpusat 142 km di barat daya Tasikmalaya.

"Hari ini belum ada tambahan korban lagi. Yang 25 (orang) itu hasil evakuasi hari pertama dan kedua," ujar Indah, petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cibinong kepada Kompas.com, Jumat (4/9).

Evakuasi hari ini dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 17.30 sore. Rencananya, evakuasi akan dilanjutkan kembali besok pagi. Nihilnya pencarian hari ini membuat Kosasih (38), warga Cikangkareng, kecewa.

Diperkirakan, istri dan ketiga anaknya tewas dalam bencana ini. Namun, jasadnya belum ditemukan. Hanya sepeda motor putra sulungnya yang bisa ditemukan tim pencari korban hari ini. "Saya harap bisa ketemu. Supaya saya bisa melihat mereka," ungkap pria yang akrab dipanggil Engkos ini sendu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com