Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO -- Perempuan-perempuan Tua Bahagia

Kompas.com - 20/08/2009, 08:58 WIB

BANTUL, KOMPAS.com — Meski usia mereka sudah di atas 70 tahun, perempuan-perempuan tua asal Dusun Gulon, Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, ini masih cukup produktif. Mbah Mugiyono, meski secara pasti tidak bisa menyebutkan berapa umurnya, perempuan yang sudah habis giginya ini, masih bekerja.

"Di sini bukan upah semata yang dicari. Di tempat ini, kami bisa bercanda, bisa bercerita, dan bisa ngerumpi dengan sesama orang tua," kata Mbah Mugiyono dalam bahasa Jawa kasar.

Orang-orang seperti Mbah Mugi memang tidak hanya membutuhkan pekerjaan untuk mengusir rasa jenuhnya di rumah, tetapi mereka memerlukan komunitas untuk saling mencurahkan isi hati. Sambil menjadi penyortir kedelai hitam, mereka bisa berkisah tentang apa saja.  

"Upah di sini tidak seberapa, hanya Rp 250 per kilogram kedelai bersih. Per hari kami hanya bisa menyortir 7 sampai 10 kilogram kedelai. Bisa dihitung sendiri kan upah saya? Namun, bukan itu yang kami cari. Berkumpul dengan sesama orang yang sudah lanjut inilah yang sangat menyenangkan," katanya.

Dusun Gulon belakangan ini memang terkenal menjadi sentra pertanian kedelai hitam. Bahkan, menurut Tugiyo, kepala dusun, mereka juga menyuplai kedelai hitam untuk bibit ke berbagai daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com