Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Hari Mereka Tak Makan

Kompas.com - 07/05/2009, 17:51 WIB

KOMPAS.com — TERIRIS rasanya hati ini mendengar cerita Bu Sukirman (40-an). Bersama suami dan dua anaknya, ia mengaku terpaksa jalan kaki selama lima hari dari Bandung ke kampung halamannya di Sindang Barang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Keluarga pemulung yang lama tinggal di Bandung itu ditemui dalam perjalanan di jalan lintas selatan ruas Sindang Barang-Agrabintana, Kamis (7/5) pagi.

Sekitar pukul 09.00, Tim Ekspedisi Susur Selatan Jawa Harian Kompas 2009 mulai memasuki ruas jalan rusak yang sepi kendaraan dan tak ada angkutan umum. Di depan terlihat rombongan pejalan kaki terdiri satu lelaki dewasa dan dua perempuan plus dua anak-anak. Mereka kelihatan begitu letih. Sebentar-sebentar berhenti sambil menoleh ke belakang. Ketika tim makin dekat mereka sepertinya hendak melambaikan tangan tapi ragu.

Ketika akhirnya tim berhenti, mereka masih tetap ragu melihat di bak belakang mobil Mazda BT50 Turbo diesel double cabin yang kami gunakan sudah penuh barang. Meski begitu, mereka akhirnya mau juga naik ke mobil setelah kami tawari tumpangan.

Kepada kami, Ibu Sukirman mengaku mau mengantarkan keponakannya, sebut saja namanya Neneng (18), pulang ke rumah orangtuanya di Kampung Pasirpiah, Desa Karangjati, Kecamatan Sindang Barang. "Dia mah nangis-nangis terus. Sieun jeng carogena (takut sama suaminya)," katanya.

Lanjutnya, Neneng sebenarnya sudah menikah dan tinggal di ibukota Kecamatan Sindang Barang. Tapi sang suami ringan tangan dan suka mabuk serta judi. Karena itu Neneng kemudian pergi. Kebetulan di jalan Neneng bertemu dengan Sukarmin dan anak istrinya. Ia lalu minta diantar pulang ke rumah orangtuanya.

Lima hari jalan kaki

Sukirman sendiri bukanlah keluarga berada. Keluarga ini sehari-hari hidup sebagai pemulung di Kota Bandung. "Sapoe hanya sapuluh rebu. Malah kadang salapan rebu (Sehari hanya Rp 10.000. Malah kadang Rp 9.000),"  kata Ibu Sukirman yang kami beri kesempatan duduk di jok belakang bersama Neneng dan dua anaknya. Sedangkan seorang anggota tim terpaksa menemani Sukirman di bak belakang.

Karena merasa berat tinggal di Bandung, keluarga ini memutuskan pulang kampung meski belum jelas mau kerja apa dan tinggal di mana. Ada keinginan Sukirman kerja serabutan atau buruh tani apa saja di kampung.

Untuk bisa sampai Sindang Barang, mereka berjalan kaki selama lima hari. "Teuk gaduh ongkos naik elf  (tidak punya ongkos naik elf)," kata ibu dua anak itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com