Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suku Pohon Korowae Juga (Harus) Punya Hak Pilih

Kompas.com - 06/04/2009, 12:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Komnas HAM mempertanyakan peran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mengakomodasi hak pilih suku pohon di Korowae, Papua. Pasalnya, suku ini hidup di pepohonan dan jarang turun ke tanah, kecuali oleh kaum lelakinya untuk mencari makan.

"Bagaimana KPU memfasilitasi mereka? Tidak pernah kedengaran," ujar Komisioner Komnas HAM Joseph Adi Prasetya dalam diskusi publik hak pilih kelompok rentan di Kantor Komnas HAM, Senin (6/4).

Menurut Joseph, justru KPU sempat mempersalahkan Komnas HAM terkait kondisi budaya yang tergolong baru teridentifikasi ini. Oleh karena itu, Joseph memperkirakan hak pilih orang dewasa Suku Pohon Korowae akan banyak yang gugur akibat persiapan yang tidak jelas di antara suku ini.

Joseph menyesalkan sikap KPU yang memang tidak memerhatikan permasalahan ini sejak awal dan tidak berinisiatif merangkul lembaga-lembaga terkait untuk mengusahakan pemenuhan hak pilih Suku Pohon Korowae.

Joseph juga sangat meragukan terakomodasinya hak pilih suku-suku yang masih buta huruf atau buta aksara. "Bagaimana mau memilih? Membaca tidak bisa, tanda mencentang, apa mereka tahu juga," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com