Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MUI Jabar Haramkan Peringatan Hari Valentine

Kompas.com - 14/02/2009, 07:38 WIB

BANDUNG, SABTU — Umat Islam diharamkan mengikuti peringatan Hari Kasih Sayang atau lebih dikenal dengan sebutan Valentine's Day yang diperingati setiap tahun pada tanggal 14 Februari.
     
Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat KH Drs Hafidz Utsman di kantor MUI Jabar, Jalan RE Martadinata No105, Bandung, Jumat.

"Bagi Umat Islam ikut Valentine, itu haram," tegasnya. Ia mengatakan, budaya peringatan Valentine ialah budaya yang berasal dari non-Muslim.

"Valentine itu kan dari budaya luar, dan asal-usul Valentine itu orang pacaran yang tidak pakai norma agama, jadi kenapa orang Islam harus meniru budaya itu," katanya.

Menurut dia, dalam ajaran Islam tidak mengenal peringatan Hari Kasih Sayang karena Islam memandang setiap hari ialah hari kasih sayang.
     
Dikatakannya, meskipun mengharamkan perayaan Valentine's Day untuk warga Muslim, pihaknya tidak melarang bagi non-Muslim yang akan merayakan Hari Kasih Sayang.

"Kalau ada orang non-Muslim yang merayakan Valentine silakan saja, selama tidak mengganggu kami (warga Muslim)," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com