Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Main-main dengan Sampah di Jayapura

Kompas.com - 11/02/2009, 12:13 WIB

JAYAPURA, RABU — Warga kompleks perumahan Detroit Abepura, Jayapura, Papua, melakukan aksi pemalangan ruas Jalan Gerilyawan dengan menggunakan tumpukan sampah yang mereka ambil dari selokan.

Dari Abepura, Rabu (11/2), dilaporkan, aksi pemalangan jalan yang dimulai sekitar pukul 06.00 WIT itu sebagai bentuk kekesalan warga terhadap pemerintah setempat yang tidak memperhatikan masalah selokan di ruas jalan tersebut. Selokan tersumbat sampah sehingga jika turun hujan air meluap dan mengalir memasuki kompleks perumahan mereka.
 
Akibat pemalangan ini ruas jalan utama yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Kabupaten Keerom itu tertutup dan menimbulkan kemacetan lalu lintas yang cukup panjang.

Tampak aparat kepolisian dari Mapolsekta Abepura turun ke tempat kejadian dan sempat bersitegang dengan masyarakat yang menumpukkan sampah tersebut lantaran warga menolak membuka palang sebelum pihak Pemerintah Distrik Abepura berdialog dengan mereka.

Namun, setelah melakukan dialog yang cukup alot dengan pihak kepolisian, warga akhirnya bersedia membuka sebagian badan jalan sehingga arus kendaraan kembali berjalan walaupun hanya satu arah.
Koordinator aksi pemalangan, Raymon Ranay, mengatakan, masyarakat sangat kecewa dengan sikap Pemerintah Distrik Abepura yang terkesan lepas tangan terhadap masalah sampah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com