Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.094 Surat Suara Rusak

Kompas.com - 20/10/2008, 19:31 WIB

MAGELANG, SENIN - Sebanyak 2.094 lembar surat suara pemilihan bupati (pilbup) Magelang, ditemukan rusak. Kondisi rusak ini kebanyakan ditunjukkan dengan munculnya lubang-lubang kecil seperti bekas coblosan.

Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang, Janarto mengatakan, keseluruhan surat suara yang rusak tersebut akan segera diganti dengan surat suara cadangan. "Sejauh ini, temuan surat suara rusak tersebut tidak menimbulkan kendala yang cukup berarti karena kami masih memiliki stok surat suara cadangan sebanyak 31.586 lembar," ujarnya, Senin (20/10).

Keseluruhan surat suara rusak itu, diperoleh oleh panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS), selama proses sortir yang berlangsung 16-19 Oktober lalu. Surat suara rusak tersebut, terbanyak ditemukan di Kecamatan Muntilan, 844 lembar. Sebanyak 303 lembar surat suara rusak ditemukan di Kecamatan Mertoyudan, dan 243 lembar ditemukan di Kecamatan Mungkid.

Selain kertas berlubang, kerusakan surat suara juga diperlihatkan oleh kertas yang sobek, serta tinta cetakan yang menggumpal, membentuk lingkaran di sekitar gambar pasangan calon bupati (cabup)-calon wakil bupati (cawabup). Sebagian lainnya ditunjukkan dengan ukuran kertas yang dicetak berlebih pada bagian tepinya, sehingga melanggar ketentuan ukuran baku yang telah ditetapkan.

Setelah diganti dengan stok cadangan, surat suara berikut logistik perlengkapan pilbup yang lain, siap dikirimkan ke 21 PPK. Distribusi logistik ini akan berlangsung hingga 22 Oktober mendatang.

Suwarto, salah seorang staf logistik di Sekretariat KPU Kabupaten Magelang, mengatakan, sementara ini, KPU juga masih kekurangan 1.398 lembar undangan bagi pemilih. "Untuk sementara, undangan itu akan kami ganti dengan blangko kosong dengan tulisan tangan di atasnya," katanya.

Kekurangan undangan itu terjadi bagi 1.398 pemilih di empat tempat pemungutan suara di Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis. Pengiriman undangan ke masing-masing pemilih sudah mulai berjalan sejak hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com