Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pasangan Calon Berebut Personal Image

Kompas.com - 15/08/2008, 17:48 WIB

JAMBI, JUMAT - Tiga dari empat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jambi yang akan bertarung pada Pilkada 20 Agustus mendatang saling berebut personal image.

Hasil survei lembaga komunikasi Tetra Communication, Jumat (15/8), menyatakan tiga dari tiga pasangan tersebut, yaitu Bambang Priyanto-Sum Indra, Asnawi-Nuzul Prakasa, dan Zulkifli Shomad-Agus Roni, memiliki imej personal yang bersaing ketat. Dalam hal imej intelektualitas, posisi Bambang-Sum lebih unggul yaitu 61,8 persen, pasangan Asnawi-Nuzul 56,4 persen, dan Zul-Agus 56,4 persen . Sutrisno-Effendi Hatta jauh di bawah, hanya 46 persen.

Begitu juga penilaian masyarakat terhadap ketajaman visi pasangan calon, Bambang-Sum 58,7 persen, Asnawi-Nuzul 58,4 persen, Zul-Agus 51,1 persen, sedangkan Sutrisno-Effendi 41,9 persen.

Bambang-Sum kembali unggul untuk penilaian kharisma ketokohan, yaitu 59,4 persen, Asnawi-Nuzul 57,5 persen, Zul-Agus 53,5 persen, dan Sutrisno-Effendi 44,4 persen.

Secara umum, pasangan Bambang-Sum unggul pada sejumlah materi survei. Namun, saat ditanya Siapakah yang paling pantas menjadi Wali Kota Kota Jambi, Asnawi justru lebih unggul, yaitu 18 persen. Bambang memperoleh 13,7 persen, Zulkifli 8,8 persen, Sutrisno 1,5 persen, dan lainnya tidak memilih keempatnya.

Dari sisi etnisitas, masing-masing pasangan calon juga memiliki pendukung tersendiri. Etnis sunda dan jawa misalnya, cenderung memilih Bambang-Sum, warga melayu memilih Asnawi-Nuzul, sedangkan etnis tionghoa bersimpati pada Zul-Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com