Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Sungai di Barito Selatan Belum Berjembatan

Kompas.com - 21/02/2008, 21:53 WIB

BARITO SELATAN, KAMIS - Perjalanan darat dari Palangkaraya ke Buntok, Ibukota Barito Selatan, Kalimantan Tengah sejauh sekitar 200 kilometer harus ditempuh hingga lima jam karena masih adanya empat sungai di ruas tersebut yang belum berjembatan. Lamanya perjalanan ini akibat antrean di sungai tadi, yakni untuk menunggu feri yang akan menyeberangkan kendaraan secara bergantian ke seberang.

Berdasar pantauan, Kamis (21/2) jalan di ruas tersebut juga belum semuanya beraspal. masih banyak sektor jalan yang berupa tanah. Debu pun beterbangan sehingga menghalangi pandangan. Kendaraan harus memperlambat laju karena lampu belakang kendaraan lain yang berada lima belas meter di depan pun tak terlihat jelas.

Tarif feri penyeberangan di empat sungai tadi berkisar Rp 35.000 hingga Rp 50.000 per mobil. Adapun tarif penyeberangan sepeda motor Rp 15.000. "Dalam sehari rata-rata kami menyeberangkan 25 mobil dan 50-an kendaraan roda dua," kata Syamsudin, tukang feri asal Desa Danau Rawah, Kecamatan Mentangai, Kabupaten Kapuas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com