Rabu, 3 September 2014

News / Regional

Ada 26 Titik Panas di Jambi

Rabu, 19 Juni 2013 | 17:12 WIB

JAMBI, KOMPAS.com — Satelit NOAA memantau 26 titik panas di Jambi, sebagian besar diduga merupakan kebakaran lahan di Kabupaten Tebo, yang berbatasan langsung dengan Provinsi Riau. Pertumbuhan titik panas baru ini melonjak dibanding sehari sebelumnya yang hanya tiga titik.

Petugas pengolah data titik panas di Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Donny Osmond, mengatakan, 26 titik tersebar pada 11 titik di Kabupaten Tebo yang berbatasan langsung dengan wilayah Riau. Sisanya tersebar di Kabupaten Bungo enam titik, Batanghari dua titik, Tanjung Jabung Barat dua titik, Tanjung Jabung Timur dua titik, Muaro Jambi dua titik, dan Merangin satu titik.

"Di Tebo, sumber terbanyak titik panas terjadi pada kawasan hutan tanaman industri area konsesi PT Lestari Asri Jaya, yakni lima titik dan Wanamukti Wisesa satu titik," ujar Donny, Rabu (19/6/2013).

Titik panas selebihnya berada di hutan masyarakat, serta satu titik di Taman Nasional Bukit Tigapuluh. Selain itu, terpantau pula 15 titik panas pada area penggunaan lain dan satu titik di kawasan hutan produksi.


Penulis: Irma Tambunan
Editor : Kistyarini