Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anis Matta: Kader PKS Wajib Tonton Film "Sang Kiai "

Kompas.com - 04/06/2013, 16:12 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengintruksikan semua kader dan simpatisannya di semua daerah untuk menonton film Sang Kiai. Film yang menceritakan perjuangan tokoh agama Islam dalam konteks kemerdekaan itu dinilai sangat inspiratif dan wajib diketahui oleh semua bangsa Indonesia, termasuk kader PKS.

Ketua Umum PKS Anis Matta seusai menggelar nonton bareng film Sang Kiai di Surabaya, Selasa (4/6/2013) mengatakan, film karya sutradara Rako Prijanto itu menunjukkan kepada publik peran seorang ulama dalam turut memperjuangkan kemerdekaan.

''Belum banyak orang tahu bahwa ulama memiliki peran besar dalam kemerdekaan,'' ujarnya.

Film yang dibintangi di antaranya oleh Agus Kuncoro dan Christine Hakim itu, kata Anis, juga wajib ditonton oleh keluarga besar PKS.

''Ini agar seluruh kader PKS terinspirasi dengan nilai-nilai perjuangan para ulama dalam konteks Indonesia saat ini,'' jelas Anis.

Tidak hanya kader PKS saja yang berbondong-bondong menggelar ''nobar'' film Sang Kiai. Di Surabaya, sejak film itu diputar pertama kali, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan beberapa elemen dari Nahdatul Ulama juga beberapa kali menggelar "nobar" di sejumlah bioskop di Kota Pahlawan itu.

Bahkan ada yang menghadirkan salah satu pemain, Agus Kuncoro dalam "nobar" tersebut. Film Sang Kiai mengisahkan perjalanan hidup pendiri ormas Islam Nahdatul Ulama, KH Hasyim Asy'ari dalam perjuangannya di masa penjajahan belanda.

Dengan semangat Resolusi Jihadnya, para ulama dan kalangan pesantren dalam film ini digambarkan memiliki peran penting dalam mengusir penjajah Belanda dari Bumi Pertiwi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com