Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Bayi di Toilet Tidak Akan Dikenai Dakwaan

Kompas.com - 31/05/2013, 02:57 WIB

Beijing, Kamis - Bayi baru lahir yang diselamatkan dari pipa pembuangan toilet di China telah dikembalikan kepada ibunya. Pihak berwenang memutuskan bayi itu terperangkap karena sebuah kecelakaan, seperti disampaikan seorang pejabat setempat, Kamis (30/5).

Penyelamatan bayi itu selama dua jam dari pipa pembuangan sebuah kloset jongkok di Jinhua, Pujiang, Provinsi Zhejiang, itu menimbulkan rasa ngeri. Berbagai bantuan mengalir bagi bayi itu. Bayi yang diberi nama Bayi No 59, sesuai nomor inkubatornya di rumah sakit, telah dibawa pulang ibunya dan seorang pria yang diduga ayahnya.

Bertanggung jawab

Pria itu telah meminta uji DNA untuk memastikan bayi itu anaknya. Seorang pejabat di kantor propaganda Kabupaten Pujiang mengatakan, pria itu siap bertanggung jawab dan mendiskusikan dengan perempuan itu untuk menghidupi bayi mereka.

Tidak jelas apakah pasangan itu akan membesarkan anak mereka bersama-sama. Otoritas Pujiang juga tidak mengungkapkan nama pria dan perempuan itu.

Polisi menyimpulkan bahwa perempuan berusia 22 tahun itu tak akan dikenai dakwaan, dan mengatakan, jatuhnya bayi itu ke pipa pembuangan adalah kecelakaan.

Media lokal memberitakan, ibu bayi itu adalah orang pertama yang memberi tahu adanya bayi di pipa pembuangan itu. Ia juga menunggui upaya penyelamatan selama dua jam, tetapi tidak mengakui bahwa bayi yang ditemukan itu bayinya sampai dikonfrontasi oleh polisi.

Polisi curiga ketika menemukan mainan bayi dan kertas toilet bernoda darah di kamar sewaan perempuan itu di gedung tempat kejadian. Perempuan itu baru mengaku kepada polisi ketika diminta untuk menjalani pemeriksaan medis.

Perempuan itu adalah lulusan SMA yang bekerja di sebuah restoran di Jinhua. Ia mengaku hamil setelah hubungan singkat dengan seorang pria yang kemudian tidak mau bertanggung jawab. Zhezhong News memberitakan, karena takut, perempuan itu tidak mengungkapkan kehamilannya kepada orangtuanya.

Kepada polisi, perempuan tersebut mengatakan tidak punya uang untuk aborsi dan diam-diam melahirkan bayinya di toilet, Sabtu petang. Ia mengatakan berusaha menangkap bayi itu, tetapi karena licin bayi itu tergelincir ke lubang WC. Perempuan itu juga mengaku memberi tahu pemilik gedung mengenai bayi yang terperangkap setelah dia tidak bisa menariknya keluar.

Kasus itu menimbulkan diskusi mengenai kurangnya pendidikan seks dan kelahiran di sekolah di China. (AP/AFP/DI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com