Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Reaksi Cepat Bencana Maluku Dibentuk

Kompas.com - 15/05/2013, 18:56 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku membentuk tim reaksi cepat (TRC) bencana. Tim berasal dari berbagai unsur, tidak hanya BPBD Maluku.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Farida Salampessy, Rabu (15 /5), mengatakan TRC tidak hanya terdiri dari personil BPBD Maluku tetapi juga melibatkan instansi lain seperti Dinas Kesehatan Maluku, Palang Merah Indonesia, dan Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Saat bencana terjadi, TRC akan langsung turun ke lokasi dan mengidentifikasi dampak bencana, termasuk bahan-bahan atau bantuan yang dibutuhkan bagi korban bencana, ujarnya.

Menurut Kepala Sub Direktorat Perencanaan Badan Nasional Pen anggulangan Bencana Eko Budiman, TRC seharusnya dibentuk di setiap kabupaten/kota. Namun hingga kini, TRC baru dibentuk di sekitar 40 persen dari seluruh kabupaten/kota, tambahnya.

Keberadaan TRC, dia melanjutkan, sangat penting untuk mempercepat pertolongan pada korban bencana ataupun menanggulangi dampak yang ditimbulkan oleh bencana. Pasalnya anggota TRC berasal dari berbagai instansi.

"Tidak hanya unsur BPBD di dalamnya tetapi ada juga dinas kesehatan, dinas pekerjaan umum, dan instansi lainnya. Jadi saat bencana  setiap instansi bisa saling membantu," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com