Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Imigran Gelap Diamankan di Perairan Bali

Kompas.com - 12/05/2013, 13:15 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Sekitar seratus imigran dari Timur Tengah diamankan Polair Polda Bali saat melakukan patroli di sekitar perairan Bali Selatan, pukul 05.00 Wita, Minggu (12/5/2013) pagi tadi. Imigran yang berasal dari sejumlah negara di Timur Tengah seperti Iran dan Suriah ini bersembunyi di Palka Kapal yang biasa digunakan untuk mengangkut ikan.

Kapal yang dibawa oleh dua warga asal NTT tersebut kemudian digiring oleh petugas Polair ke Pelabuhan Benoa, Denpasar. Setibanya di Pelabuhan Benoa, polisi bersama Imigrasi membujuk mereka keluar dari kapal untuk didata.

"Tidak mungkin dipaksa, harus pelan-pelan," ujar Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Hariadi di Pelabuhan Benoa, Minggu pagi.

Polisi juga mengamankan dua orang ABK kapal asal NTT untuk dimintai keterangannya. Namun para ABK masih belum bersedia berbicara banyak kepada polisi.

"Kami masih berusaha karena dokumen kapal dan penumpang sama sekali tidak ada," jelas Hariadi.

Polisi menduga para imigran gelap ini berangkat dari Pelabuhan Tanjung Benoa, Badung dan akan mencari suaka ke Australia. Biasanya para pencari suaka berangkat dari NTT dan menempuh perjalanan sekitar 4 hari untuk sampai ke Crishmast Island di Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com