Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Gerobak Sapi Ramaikan Festival Merapi

Kompas.com - 05/05/2013, 16:44 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Sebanyak 120 Gerobak Sapi hari ini Minggu (5/5/2013) mengikuti Festival Merapi 2013. Acara ini diselenggarakan oleh Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS) dalam rangka hari jadi Sleman ke-97.

Arak-arakan gerobak sapi mengambil rute sejauh 2,7 kilometer. Start dimulai dari Lapangan Mlati menuju Jalan Magelang, dan berakhir di Lapangan Pemda Sleman.

Di sepanjang jalan rute karnaval banyak warga yang antusias menyaksikan pawai. Beberapa anak bersama orang tua ikut menumpang di atas gerobak.

Penanggung jawab Festival Merapi, Chandra Prabantoro mengatakan, karnaval gerobak sapi ini dilatarbelakangi oleh sejarah masyarakat yang kerap menggunakan alat transportasi ini pada zaman dulu.

"Kami ingin memunculkan kembali angkutan di masa lalu agar keberadaanya jangan dilupakan oleh masyarakat," katanya.

Melihat animo masyarakat yang besar, Chandra mengungkapkan, pihaknya akan kembali menyelenggarakan hal serupa dengan dikemas lebih menarik. "Akan disinergikan dengan 35 desa wisata yang ada,Keberadaan gerobak ini merupakan potensi wisata yang harus terus di lestarikan," ungkapnya.

Sementara itu Darmo Wiyono (50), salah satu peserta dari Desa Umbulmartani, Ngemplak mengatakan, pedati miliknya sampai dengan saat ini masih digunakan untuk alat tranportasi. Dia berharap kegiatan serupa rutin diadakan selain untuk wisata juga melestarikan keberaadaan gerobak sapi.

"Semoga rutin diadakan, acara ini juga sebagai ajang silahturahmi para pemilik gerobak sapi baik yg di sleman maupun di luar Yogya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com