Rabu, 23 Juli 2014

News / Regional

Jelang Pilkada

Gubernur Jateng Lantik 35 Pejabat Pemprov

Jumat, 3 Mei 2013 | 18:40 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo yang akan maju lagi pada pemilihan kepala daerah untuk periode kedua, melantik 35 pejabat eselon di lingkungan pemerintah provinsi setempat.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dua pejabat eselon II, sembilan pejabat eselon III, dan 24 pejabat eselon IV tersebut berlangsung di Gedung Gradhika Bhakti Praja, kompleks Kantor Gubernur Jateng, di Semarang, Jumat (3/5/2013).

Dua pejabat eselon II yang diganti tersebut adalah Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, M Tamzil, dan Direktur RSUD, Margono Soekardjo.

Gubernur juga melantik mantan kepala bidang di Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Taufik Hidayat, sebagai staf ahli gubernur, dan Haryandi Ibnu Djunaedi menjadi Direktur RSUD Margono Sekardjo.

Bibit mengatakan, penggantian dan mutasi puluhan pejabat eselon itu tak ada kaitanya, dengan upaya mencari dukungan terhadap dirinya yang kembali maju sebagai calon gubernur dalam Pemilihan Gubernur Jateng pada 26 Mei 2013.

"Pergantian ini tidak ada kaitannya untuk mencari dukungan pada pilgub mendatang. Pak Tamzil mengundurkan diri karena maju sebagai calon Bupati Kudus, sedangkan direktur RS Margono sudah memasuki masa pensiun. Jangan diartikan mencari dukungan terus dimutasi," katanya.

Pengangkatan pejabat lainnya, ucap Bibit, untuk mengisi kekosongan agar proses birokrasi dan administrasi di Pemprov Jateng.

Menurut dia, pergantian dan pengisian jabatan tersebut sudah melalui aturan yang sesuai dan tak didasari dengan unsur suka atau tidak suka ataupun unsur kedekatan.

"Mutasi dan pengangkatan jabatan tersebut merupakan tuntutan organisasi sebagai bentuk pembinaan karier," ujar mantan Pangdam IV/Diponegoro itu.

Dalam kesempatan tersebut, gubernur meminta agar setiap pegawai negeri sipil bersikap netral pada saat Pilgub Jateng 2013.

 


Editor : Agus Mulyadi
Sumber: