Rabu, 23 April 2014

News / Regional

Batik Air Jajaki Rute ke Lombok

Kamis, 2 Mei 2013 | 17:06 WIB

Baca juga

MATARAM, KOMPAS.com- Maskapai penerbangan Batik Air tengah menjajaki rute penerbangan ke Bandara Internasional Lombok (BIL), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Tengah dijajaki dan direncanakan untuk membuka rute ke Lombok. Cuma jadwal penerbangannya belum pasti," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi NTB Ridwan Syah, di Mataram, Kamis (2/5/2013).

Ridwan berharap rencana pembukaan rute penerbangan ke Lombok itu terealisasi, sebagai pengganti maskapai penerbangan Mandala Airlines yang sudah mengantongi izin operasional sejak 28 Februari 2013, namun dilaporkan batal layani rute penerbangan ke Lombok.

Semula Mandala Airlines diharapkan merealisasikan rute penerbangan Jakarta-Lombok-Surabaya, kemudian ke Thailand. Kementerian Perhubungan juga telah berupaya mempercepat izin operasional Mandala Airlines ke Lombok, sebagai maskapai pengganti Batavia Air yang dinyatakan pailit pada 30 Januari 2013.

General Manager PT Angkasa Pura I BIL Pujiono juga membenarkan adanya penjajakan rute penerbangan ke Lombok, yang dilakukan manajemen Batik Air. "Penjajakan sudah dimulai, dan ada rencana buka rute ke BIL, tapi waktu pelaksanannya yang belum dikabarkan," ujarnya.

Batik Air merupakan maskapai penerbangan baru di Indonesia yang dijadwalkan akan memulai operasinya pada Mei 2013. Maskapai ini merupakan salah satu maskapai berlayanan lengkap seperti Lion Air, dan maskapai penerbangan Indonesia lainnya. Batik Air berencana akan bersaing dengan maskapai berlayanan lengkap seperti Garuda Indonesia.

Batik Air berencana menggunakan pesawat Boeing 737-900ER, pada rute penerbangan di Pulau Jawa dan kepulauan di Nusa Tenggara (Bali, NTB dan NTT). Maskapai ini juga sudah menandatangani pemesanan lima unit Boeing 787. Dua unit pesawat dikirim pada 17 April 2013 dan pada  akhir 2013, Batik Air akan mengoperasikan enam pesawat B737-900ER.


Editor : Marcus Suprihadi
Sumber: