Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Piaraan Milik Ketua DPRD Balikpapan Disita

Kompas.com - 02/05/2013, 13:46 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com-       Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BSKDA) Wilayah III Kalimantan Timur menyita owa-owa peliharaaan Ketua DPRD Balikpapan Kalimantan Timur, Andi Burhanuddin Solong, Kamis (2/5/2013).

Hewan tersebut termasuk satwa dilindungi yang hanya Negara boleh memilikinya.      Polisi hutan BKSDA mendatangi rumah dinas Andi Burhanuddin Solong, di depan Tugu Pemuda Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Balikpapan, sekitar jam 11.00 wita.

Owa-owa jantan itu diperkirakan berumur 7-10 tahun dan ditempatkan oleh Andi Burhanuddin Solong di rumah pohon, di halaman rumah dinasnya.

Satwa yang dilindungi itu lehernya dirantai. Sehingga ia hanya bisa bergerak di pohon dan melompat ke tembok pagar.     

Polisi hutan lalu memanjat tembok itu, dan membuka kunci rantai pengikat owa-owa itu. Setelah menurunkan, owa-owa itu dimasukkan kandang di bak mobil pikap dobel kabin, lalu dibawa ke kantor BKSDA di Sepinggan Balikpapan.     

"Setelah kami beri pengertian bahwa tidak boleh memelihara satwa dilindungi, akhirnya dia (Andi) mau menyerahkan satwa ini ke kami," ujar Danang Anggoro, Kepala Seksi Konservasi BKSDA Wilayah III Kaltim.      

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com