Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

364 Kilometer Jalan di Tabanan Rusak

Kompas.com - 01/05/2013, 20:28 WIB

TABANAN, KOMPAS.com - Jalan sepanjang 364,1 kilometer di Kabupaten Tabanan, Bali, mengalami kerusakan, mulai dari tingkat ringan hingga berat.

"Kerusakan jalan itu hampir merata di seluruh wilayah kecamatan di Tabanan," kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tabanan, I Ketut Simbar, Rabu (1/5/2013).

Ia menyebutkan bahwa panjang keseluruhan jalan di Kabupaten Tabanan mencapai 2.227,1 kilometer. Sepanjang 206,7 kilometer rusak ringan hingga sedang, dan 157,4 kilometer rusak berat.

"Kerusakan itu baru pada kelas jalan kabupaten, kecamatan, dan desa. Data itu belum mencakup kerusakan kelas jalan nasional dan provinsi," katanya.

Kerusakan jalan disebabkan beberapa faktor, di antaranya pelanggaran atas tonase kendaraan angkutan barang, cuaca, dan frekuensi kendaraan yang makin meningkat.

"Belum lagi banjir yang mengakibatkan aspal jalan mengelupas," kata Ketut Simbar menambahkan.

Di lain pihak, proses perbaikan jalan tidak bisa dilakukan sekaligus. Selama periode 2011-2012, jalan kelas kabupaten yang sudah diperbaiki mencapai 87,94 kilometer.

Tahun ini perbaikan jalan sepanjang 44,2 kilometer dengan menelan dana mencapai Rp 34 miliar. "Kami tidak menutup mata. Masih saja  ada jalan di beberapa tempat yang rusak. Tapi program perbaikan masih tetap berjalan," katanya.

Untuk jalan kelas desa dibutuhkan program partisipatif dengan dana PNPM yang mencapai Rp1,5 miliar. "Sepanjang tahun ini sudah ada 90 permohonan perbaikan jalan desa," katanya.
     

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com