Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Buruh dan Aktivis Peringati "May Day"

Kompas.com - 01/05/2013, 17:44 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Sekitar 400 orang buruh, wartawan, dan aktivis dari berbagai elemen masyarakat di Bandar Lampung turun ke jalan memperingati Hari Buruh (May Day), Rabu (1/5/2013). Mereka menuntut adanya perbaikan kesejahteraan terhadap para buruh atau karyawan.

Unjuk rasa massa yang tergabung di dalam Gerakan Rakyat Lampung (GRL) ini dipusatkan di Tugu Adipura, Bandar Lampung. Mereka lalu melakukan jalan kaki menuju kompleks Perkantoran Pemerintah Provinsi Lampung, sehingga sempat memacetkan jalan di kawasan itu. Namun unjuk rasa berlangsung tertib.

Selain mengusung tema perbaikan kesejahteraan buruh dan upah laik, massa juga menyinggung soal tema kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), tarif dasar listrik dan PBB (pajak bumi dan bangunan).

Menurut Denny Kurniawan, Humas GRL, kenaikan TDL, PBB, dan ditambah rencana penyesuaian harga BBM dikhawatirkan akan kian membebani kehidupan para buruh.

"UMK (upah minimum kota) yang sekarang Rp 1,165 juta tidak sebanding dengan seluruh kenaikan harga itu. Pemerintah mesti memperhatikan ini," ujarnya.

Peringatan Hari Buruh di Lampung ini mendapat pengawalan ketat dari Kepolisian Daerah Lampung. Sebanyak 642 personel polisi disiagakan di Bandar Lampung, untuk mengawal unjuk rasa.

Bahkan menurut Kepala Bidang Humas Polda Lampung, Ajun Komisaris Besar (Pol) Sulistyaningsih, sebanyak 1.882 personel polisi sempat disiagakan di seluruh wilayah Lampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com