Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anas Urbaningrum Hadiri Pelantikan Bupati Pamekasan

Kompas.com - 22/04/2013, 09:54 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Pasangan Achmad Syafii-Kholil Asyari, Senin (22/04/2013) dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan, menggantikan mantan Bupati Pamekasan Kholilurrahman dan Wakilnya Kadarisman Sastrodiwirjo. Pasangan Achmad Syafii-Kholil Asyari (ASRI) memenangi Pilkada Pamekasan pada 9 Januari 2013 lalu.

Berdasar hasil rekapitulasi perolehan suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, pasangan nomor urut satu Al Anwari-Holil (AHOK) mendapat 6,905 suara (1,49 persen), nomor urut dua KH Khalilurrahman-Moh Masduki (KOMPAK) memperoleh 205.902 suara (44,45 persen). Sedangkan pasang Ahmad Syafii-Kholil Asyari (ASRI) nomor urut tiga mendulang suara sebanyak 250.336 suara (54,51 persen).

Kemenangan pasangan ASRI itu dikukuhkan dengan putusan Mahkamah Konstitusi terhadap permohonan gugatan yang diajukan pasangan KOMPAK yang menilai pelaksanaan pemilukada di Pamekasan diwarnai kecurangan.

Mahkamah Konstitusi dalam putusannya menguatkan keputuan KPU yang memenangkan pasangan nomor urut 3, dan sempat dicoret oleh KPU Pamekasan. Namun pencoretan itu dianulir dengan Keputusan KPU RI dan KPU Jawa Timur.

Dari ratusan undangan yang hadir di Pendapa Ronggosukowati Pamekasan, tampak mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum. Anas dikenal memiliki kedekatan dengan Achmad Syafii karena sebelum terpilih sebagai Bupati, Achmad Syafii sebagai anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat. Dalam beberapa kali kesempatan, Anas sering melakukan konsolidasi di Pamekasan.

Selain Anas Urbaningrum, hadir juga anggota DPR RI lainnya, Said Abdullah dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Hadiatmoko, dan seluruh Bupati di Madura, masing-masing Bupati Bangkalan, Bupati Sampang dan Bupati Sumenep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com