Jumat, 1 Agustus 2014

News / Regional

Megawati: Pak Ganjar Jangan Janji

Minggu, 14 April 2013 | 18:48 WIB

Berita terkait

SOLO, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta kepada Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko agar tidak banyak berjanji selama kampanye Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah. Jika terpilih, Megawati minta keduanya tidak korupsi.

"Pak Ganjar jangan buat janji, perbuat saja. Jangan korupsi," kata Megawati ketika acara deklarasi sekaligus apel siaga Ganjar-Heru di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (14/4/2013).

Acara itu dihadiri Ganjar-Heru, Sekjen DPP Tjahjo Kumolo, Ketua DPP Puan Maharani, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, walikota/bupati di Jateng asal PDIP, para pengurus DPP, anggota Fraksi PDIP di DPR dan DPRD Jateng, serta puluhan ribu kader PDIP di Jateng.

Dalam pidatonya, Megawati menyoroti praktik politik uang yang kerap terjadi dalam Pilkada. Ia mempertanyakan darimana asal dana untuk politik uang tersebut. Padahal, kata dia, semua pihak terus menyoroti praktik korupsi.

"Kalau demokrasi yang benar mau berjalan, caranya tidak seperti ini. Ketika kalian hanya tergiur dengan uang, maka yang jadi bupati, gubernur, walikota itu orang-orang yang punya uang. Bagi mereka yang mau kerja, hidupnya jujur, punya dedikasi, loyalitas tidak ada jalan karena rakyat hanya melihat, biar tidak ada harga diri, kehormatan, asal hari ini saya dapat uang. Pembodohan yang dilakukan oleh mereka-mereka yang secara sistematis menghendaki hal itu terjadi," kata Megawati.

Menurut Megawati, politik uang itu bisa dilawan dengan gerakan kebersamaan atau gotong royong. Ia meminta kepada kader PDIP tidak merubah dukugan untuk Ganjar-Heru meski diberi imbalan uang nantinya. "Jangan kalau dikasih duit langsung pusing," ujar Megawati.

Seperti diberitakan, Ganjar-Heru akan bertarung melawan dua pasangan lain, yakni Bibit Waluyo- Sugiono Sastroatmodjo (diusung PAN, Golkar, dan Partai Demokrat) serta Hadi Prabowo-Don Murdono (diusung Gerindra, PKS, PPP, Hanura, PKNU dan PKB). Pemungutan suara akan dilakukan pada 26 Mei 2013 .


Penulis: Sandro Gatra
Editor : A. Wisnubrata