Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar ke KPU, Rombongan Caleg PKS Gowes Mobil Becak

Kompas.com - 12/04/2013, 17:39 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Kader DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur mendaftarkan 100 calon legislatifnya untuk DPRD Jatim, Jumat (12/4/2013).

Perwakilan mereka mengendarai mobil becak menuju kantor KPU Jatim di Jalan Raya Tenggilis Surabaya. Empat unit kendaraan becak yang dimodifikasi seperti kendaraan roda empat itu dikayuh sendiri oleh para caleg dari sejumlah daerah pemilihan di Jatim.

Sesekali mereka melempar senyum dan melambaikan tangan kepada penggguna jalan yang lewat. ''Kami menyebut ini sebagai becak cinta, artinya para caleg PKS ini siap berjuang dan menebar cinta kepada warga Jatim,'' kata Ketua DPW PKS Jatim, Hamy Wahjunianto.

Para caleg itu sebagian besar berasal dari kader internal PKS Jatim. Mereka sudah melalui seleksi ketat baik administrasi maupun non administrasi, terutama menyangkut moralitas, kapabilitas, elektabilitas, dan kapasitas.

Dari 100 caleg yang didaftarkan PKS Jatim, 38 caleg diantaranya adalah perempuan. ''Ini sesuai peraturan KPU yang mewajibkan 30 persen adalah caleg perempuan. Bahkan kami lebih dari 30 persen,'' kata caleg PKS untuk DPRD Jatim dari Dapil Surabaya-Sidoarjo ini.

Hamy mengaku, rumitnya penyusunan caleg di PKS bukan karena mereka berebut dapil atau nomor urut, melainkan para kader PKS justru banyak yang akan mundur dari pencalegan karena merasa belum pantas menjadi wakil rakyat.

Caleg dari PKS tercatat sebagai caleg dari partai pertama yang mendaftar ke KPU Jatim yang masa pendaftarannya dibuka sejak 9 April lalu, dan berakhir hingga 22 April mendatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com