Selasa, 2 September 2014

News / Regional

Pameran

300 Pelaku UMKM Balikpapan Berpartisipasi dalam Indipreneur Fest

Rabu, 10 April 2013 | 14:12 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.com- Sekitar 300 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) se-Kota Balikpapan berpartisipasi dalam IndiPreneur Festival (IndiPreneur Fest) 2013 yang diselenggarakan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) di Balikpapan, Rabu (10/4/2013).

Ini adalah lanjutan kegiatan serupa yang telah diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Surabaya, DIY, Palembang, dan Semarang. Kegiatan itu merupakan bagian dari program IndiPreneur yang diluncurkan Januari 2013.

 

Dalam kegiatan ini, dihadirkan pelaku UMKM dan didukung narasumber bidang enterpreneurship dan bisnis on-line. Mereka berbagi ilmu dan pengalaman guna mendukung pengembangan UMKM.

IndiPreneur ini untuk membekali para pelaku UMKM dengan pengetahuan implementasi teknologi informasi dan komunikasi serta memberikan kemampuan untuk menjalankan bisnis online.

Deputi Eksekutif General Manager (DEGM) Divisi Business Service Telkom, Prasabri Pesti mengatakan, IndiPreneur merupakan komitmen Telkom untuk meningkatkan potensi 100.000 UMKM Indonesia melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang efektif.

Melalui program ini, UMKM lokal dapat mengembangkan bisnis dengan solusi TIK berkualitas dan terjangkau. "Beberapa tahun terakhir ini, digitalisasi mempengaruhi proses bisnis UMKM," ujar Prasabri. Hingga saat ini, 20.011 pelaku UMKM telah memperoleh manfaat dari program IndiPreneur ini.

Sementara pada 2013, Telkom memproyeksikan sebanyak 100.000 pelaku UMKM akan bergabung dalam program UMKM.


Penulis: Lukas Adi Prasetya
Editor : Marcus Suprihadi