Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendukung Rustriningsih Dukung Bibit Jadi Gubernur Jateng

Kompas.com - 04/04/2013, 16:13 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com --  Sejumlah pendukung Wakil Gubernur Rustriningsih terang-terangan beralih memberikan dukungan kepada pasangan calon Gubernur Jateng Bibit Waluyo-Sudiyono (Bissa). Hal itu dilakukan lantaran mereka kecewa Rustriningsih gagal maju pada bursa Pemilihan Gubernur Jawa Tengah periode 2013 - 2018.

Sedikitnya 11 orang perwakilan pendukung Rustriningsih dari berbagai daerah turut dikukuhkan menjadi anggota Paguyuban Pelangi Bissa, sebutan untuk relawan pemenangan pasangan "Bissa". Pengukuhan dilakukan langsung oleh ketua tim sukses "Bissa" Jateng, Kardiono, di Rumah Makan Nyah Ireng Kota Magelang, Kamis (4/4/2013).

"Mayoritas yang datang ke acara ini adalah pendukung setia Rustriningsih, mereka tidak hanya datang dari Kabupaten dan Kota Magelang saja, tapi juga dari luar daerah seperti Wonosobo," terang Edy Susanto, ketua tim sukses Paguyuban Relawan Pelangi Bissa Magelang.

Dikatakan Edy, mereka pada umumnya adalah orang-orang yang sakit hati karena Rustriningsih gagal mendapatkan rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan. Karenanya, mereka mengalihkan dukungannya pada pasangan Bissa (Bibit-Sudijono).

Anggota Paguyuban Pelangi Bissa itu sendiri juga berasal dari lintas partai dan sejumlah organisasi masyarakat. Bahkan, Edy mengklaim, ada beberapa tokoh sebuah parpol yang notabene secara kelembagaan mencalonkan pasangan lain, namun secara pribadi mereka mendukung pasangan "Bissa".

"Mengapa kemudian disebut Peguyuban Pelangi Bissa, karena pelangi mempunyai arti warna-warni, yang maksudnya kami ingin mewadahi semua orang dari berbagai 'warna' dan latar belakang mendukung pasangan 'Bissa'.," jelasnya.

Meskipun demikian, pihaknya berharap paguyuban ini menjadi contoh bagi masyarakat agar tetap bersatu dan menjaga kondusivitas masyarakat Jawa Tengah. Yanto, salah seorang relawan asal Wonosobo, mengaku beralih mendukung pasangan "Bissa" karena kecewa Rustriningsih tidak mendapat rekomendasi menjadi calon Gubernur Jateng.

Padahal, sebelumnya ia bersama pendukung setia Rustriningsih berharap Wakil Gubernur Jateng itulah yang mendapat rekomendasi dari DPP PDI-P. Namun kenyataannya justru rekomendasi jatuh pada Ganjar Pranowo.

"Ada apa ini? Padahal Bu Rustriningsih sudah 20 tahun mengabdi ke PDI-P. Kami memang sakit hati dan kecewa. Beberapa hari setelah diumumkan hasil rekomendasi itu, kami putuskan untuk mendukung pak Bibit. Kami memang orang PDI-P, tapi kami dukung pak Bibit. Yang kami dukung adalah bu Rustri bukan partai," katanya memberi alasan.

Keputusan tersebut, kata Yanto, bahkan juga sudah mendapat restu langsung dari Rustriningsih. "Sudah dapat instruksi langsung dan lewat SMS dari Beliau (Rustriningsih) dan juga ajudannya," katanya.

Ketua tim sukses "Bissa" Jateng, Kardiono mengungkapkan, pasangan "Bissa" sudah banyak didukung eleman masyarakat yang secara sukarela membuat kelompok-kelompok tertentu. Seperti di Magelang, banyak relawan yang membentuk paguyuban relawan seperti Pelangi Bissa. Sebelumnya juga sudah ada "Merpati", "Jateng Bersatu" dan sebagainya.

"Pada prinsipnya, kami meyambut baik hal tersebut. Hal itu juga menjadi bukti jika masyarakat masih berharap Bibit Waluyo melanjutkan programnya Bali Ndeso Mbangun Ndeso," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com