Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Blusukan Datangi Pasar

Kompas.com - 26/03/2013, 03:49 WIB

Tegal, Kompas - Ganjar Pranowo, calon gubernur dalam Pilkada Jawa Tengah, Senin (25/3), mendatangi sejumlah pasar tradisional dan tempat pelelangan ikan di pelabuhan untuk menemui nelayan di Kota Tegal. Kegiatan itu untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat sekaligus mengetahui kondisi di masyarakat.

”Sebagai wilayah yang luas, dengan 35 kabupaten/kota, komunikasi kepada masyarakat Jateng tidak cukup melalui blusukan, tetapi dengan penjelajahan. Proses sosialisasi juga tidak cukup hanya dengan gambar sehingga masyarakat perlu diajak bertemu dan disapa,” kata Ganjar.

Komunikasi secara langsung tersebut merupakan bentuk penghormatan kepada masyarakat sekaligus menjadi media untuk mengetahui kondisi dan keluhan masyarakat. Sebagai contoh, dari mendatangi sejumlah pasar tradisional, Ganjar mengaku bisa mengetahui harga bawang merah masih tinggi sehingga mengakibatkan pembelian masyarakat berkurang.

Pada hari yang sama, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal juga mengadakan sosialisasi Pilkada Jateng. Anggota KPU Kota Tegal, Agus Wijanarko, mengatakan, sosialisasi diberikan kepada partai politik, tokoh masyarakat, LSM, dan sejumlah instansi pemerintah. Selain itu juga dilakukan sosialisasi mengenai tata cara pencalonan anggota legislatif serta pencalonan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Dari sekitar 29 juta pemilih dalam Pilkada Jateng tahun 2013, sekitar 10 juta orang merupakan pemilih muda. Itu perlu digarap serius agar pemilih muda ini tidak golput.

”Tugas persatuan Garda untuk memenangkan Bibit Waluyo dengan fokus menggarap pemilih muda,” kata Ketua Gerakan Pemuda (Garda) Yoyok Sukawi. Persatuan Garda merupakan gabungan organisasi sayap dan organisasi pemuda koalisi parpol pendukung pasangan calon gubernur Bibit Waluyo-Sudijono, terdiri dari Partai Demokrat, Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Keanggotaan persatuan Garda terdiri dari Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), Barisan Muda PAN, Generasi Muda Demokrat, Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Kosgoro, Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR), Penegak Amanat Reformasi Rakyat (PARRA) dari PAN, dan sejumlah organisasi sayap lainnya.

Ketua Barisan Muda PAN Jawa Tengah Ari Sugiarto mengemukakan, pembentukan persatuan Garda ini telah dilanjutkan ke 35 kabupaten dan kota. Sedianya, persatuan Garda akan di deklarasikan pada 7 April 2013 di Semarang, Jateng. Fokus penggarapan Garda mengajak anak muda, mahasiswa, pemilih pemula, dan kalangan aktivis muda untuk peduli terhadap pilgub.

Pemilihan wali kota-wakil wali kota Gorontalo pada 28 Maret 2013 akan diikuti empat pasangan calon, yakni Feriyanto Mayulu-Abdurrahman Bahmid, Marthen Taha-Budi Doku, Adhan Dambea-Inrawanto Hasan, dan AW Thalib-Ridwan Monoarfa. (WIE/WHO/APO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com