Jumat, 24 Oktober 2014

News / Regional

1 April 2013, Jadwal Keberangkatan Kereta dari Semarang Berubah

Kamis, 21 Maret 2013 | 00:00 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Mulai 1 April 2013, semua jadwal pemberangkatan kereta api dari Stasiun Tawang dan Stasiun Poncol, Semarang, Jawa Tengah, akan berubah. Perubahan itu berlaku baik untuk kereta api penumpang maupun kereta api khusus barang atau angkutan kargo.

"Perubahan jadwal karena ada sejumlah penyesuaian," kata Manajer Hubungan Masyarakat Daerah Operasi IV Semarang PT Kereta Api Indonesia (KAI), Surono, Rabu (20/3/2013). Penyesuaian itu, sebut dia, terkait dengan penambahan jumlah lokomotif maupun gerbong, dan kereta api yang diberangkatkan dari kedua stasiun. 

Surono mengatakan beberapa perubahan prasarana juga terjadi, termasuk mulai dioperasikannya jalur ganda (double track) di beberapa tempat. Pada 25 Maret 2013, sebut dia, jalur ganda Larangan-Pekalongan sudah akan dioperasikan. Menyusul, pada Juli 2013, jalur ganda Pekalongan-Semarang juga sudah digunakan.

PT KAI terus melakukan sosialisasi mengenai perubahan jadwal keberangkatan kereta ini. Saat ini ada 64 jadwal pemberangkatan kereta api penumpang dan barang dari Stasiun Poncol dan Tawang, dan nanti akan bertambah menjadi 88 perjalanan.

Dikutip dari situs PT KAI, Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan, waktu tempuh hampir semua kereta penumpang lebih cepat daripada sebelumnya, meski beberapa kereta sebaliknya justru diperlambat jadwalnya 15 menit untuk pengaturan persilangan. “Yang paling urgent untuk pergantian jadwal KA ini adalah untuk meningkatkan derajat keselamatan, keamanan, dan kelancaran operasi kereta api di Jawa dan Sumatera," ujar dia.

Perubahan jadwal keberangkatan, antara lain berlaku untuk kereta Bangunkarta, yang berangkat dari Stasiun Tawang dengan tujuan akhir Stasiun Gambir, Jakarta. Semula kereta ini berangkat pukul 21.40 WIB, per 1 April 2013 akan maju menjadi pukul 21.03 WIB. Sebaliknya di jalur menuju timur, kereta Harina tujuan Surabaya yang sebelumnya berangkat dari Stasiun Tawang pada pukul 05.25 WIB, akan berubah menjadi pukul 04.50 WIB.

 

 


Editor : Palupi Annisa Auliani
Sumber: