Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2013, 14:47 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Enam orang spesialis pencurian motor ditangkap aparat Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) Tamalate di dua tempat berbeda. Empat pelaku lainnya diringkus di Jalan Kumala, dan dua pelaku lagi diciduk di Jalan Dg Tata, Kecamatan Tamalate, Jumat (15/3/2013) dini hari.

Para pelaku pencurian motor yang diringkus itu masing-masing berinisial, SD, ADR, IKN, LLN, SMA dan AC. Saat keenam pelaku tersebut diringkus, petugas juga menyita barang bukti dua unit motor yakni jenis Mio Sporty dan Jupiter MX. Selain itu, petugas juga menyita barang bukti berupa kunci T dan 11 buah anak busur.

Kepala Unit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim) Polsekta Tamalate, Inspektur Satu (Iptu) Herman Simbolon dikonfirmasi menjelaskan, berdasarkan hasil introgasi sementara, para pelaku itu sudah melakukan aksinya sejak lama dan sudah beraksi di puluhan tempat.

"Modus pelaku saat beraksi, mereka menggunakan kunci T dengan cara merusak kontak motor yang terparkir. Beberapa motor yang dicuri itu ada beberapa motor yang sementara terkunci leher dan ada pula yang tidak. Saat ini keenam pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Mapolsek Tamalate," kata Herman.

Mantan Kanit Reskrim Polsekta Makassar itu menyebutkan, berdasarkan hasil introgasi sementara terhadap para pelaku, puluhan unit motor yang dicuri itu sudah dijualnya kepenadah. Dari enam pelaku itu, pelaku berinisial SD yang merupakan aktor sementara lima pelaku lainnya hanya ikut-ikutan atau suruhan SD.

"Dari enam pelaku itu, tersangka SD salah satu aktornya. Sementara lima pelaku lainnya hanya diajak dengan imbalan yang bervariasi. Kadang pelaku lainnya hanya diberikan upah berkisar Rp 250.000 dan Rp 350.000. Saat ini, kami masih melakukan pengembangan untuk membongkar jaringan pelaku dan mengungkap TKP lainnya, " kata Herman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com