Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maccera Banua, Ritual Menangkal Bala di Kampung Kandoa

Kompas.com - 15/03/2013, 10:38 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Beragam cara unik dilakukan warga dalam mempertahankan hubungan yang harmonis dengan alam. Warga Dusun Kandoa, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, misalnya, menggelar ritual Maccera Banua setiap tahun.

Ritual ini dilakukan warga untuk menangkal segala bala dan bahaya yang mengancam kampung dan warga dusun mereka. Ritual ini sudah dilakukan secara turun-temurun sebagai bentuk persembahan doa dan permohonan keselamatan bagi mereka.

Sebelum ritual Maccera digelar, warga dari semua usia dan jenis kelamin mengantre untuk mendapatkan berkat dari seorang pemuka adat di kampung tersebut. Setiap orang diolesi tepung yang dicampur air suci di pipi, dahi, dan dada.

Pemberian tepung suci yang sudah didoakan itu diyakini bisa mengusir semua penyakit di dalam tubuh. Setiap orang yang diolesi tepung suci juga bakal terhindar dari segala marabahaya.

Puncak ritual Maccera Banua ditandai dengan persembahan sesajen berupa nasi ketan, telur ayam kampung, pisang, nanas, dan sejumlah hasil bumi lainnya.

Menurut Kanne Kindo, pemuka adat Dusun Kandoa, ritual Maccera Banua merupakan doa agar warga dan kampung itu terhindar dari segala bahaya. Juga agar harmoni antara warga dengan alam tetap terjaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com