Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Lakukan 6 Langkah Atasi Krisis di Bratasena

Kompas.com - 14/03/2013, 15:24 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang melakukan enam langkah dan instruksi, untuk mengatasi krisis pasca-bentrok berdarah di tambak udang PT Central Pertiwi Bahari (CPB).

Wakil Bupati Tulang Bawang Heri Wardoyo dihubungi Kamis (14/3/2013) mengatakan, salah satu langkah itu adalah mempersiapkan dana tanggap darurat, yang akan disalurkan bagi pengungsi dan santunan untuh ahli waris korban tewas.

Pemkab Tulang Bawang sudah menganggarkan dana Rp 1 miliar untuk keperluan tanggap darurat ini.

"Ini dialokasikan untuk mengatasi situasi darurat seperti penanganan 250 pengungsi. Kami juga meminta perusahaan menanggung biaya pemulihan situasi, sesuai dengan tanggung jawab mereka," tutur Ketua Tim Penyelesaian Konflik Tambak Udang CPB ini.

Langkah-langkah lainnya adalah Pemkab Tulang Bawang memprioritaskan pemulihan keamanan di lokasi tambak,  berkoordinasi dengan aparat keamanan terkait dan memastikan bahwa aktivitas sosial seperti layanan pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan tetap berjalan di Bratasena.

"Kami juga menjamin keberlangsungan kemitraan, bagi yang ingin terus berbudidaya," ujarnya.

Langkah ini diputuskan setelah jajaran Pemkab Tulang Bawang menggelar rapat intensif, dan bertemu dengan perwakilan PT CPB, polisi, dan petambak plasma, Rabu (13/3/2013). Namun, upaya mediasi itu tidak dihadiri perwakilan dari kelompok Forsil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com