Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KM Valentine Karam, Semua Penumpang Dievakuasi

Kompas.com - 05/03/2013, 22:05 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com — Tim Basarnas Pos Agats, Kabupaten Asmat, berhasil melakukan evakuasi terhadap semua penumpang dan kru kapal perintis Kapal Motor (KM) Valentine yang kandas di Muara Agats dalam perjalanan dari Timika menuju Agats, Kabupaten Asmat, Minggu (3/3/2013) kemarin.

Kepala Sub Seksi Operasi SAR Timika, Karel Rony Ileng, yang ditemui di kantor SAR Timika, Selasa (5/3/2013) siang tadi, mengatakan, kejadian ini merupakan kali pertama dilaporkan oleh Tasman, pegawai Dinas Perhubungan Asmat, dengan lokasi kejadian pada koordinat 05° 32' 000" Lintang Selatan dan 138° 03' 000" Bujur Timur.

Tim Basarnas Pos Agats yang langsung melakukan pencarian dengan menggunakan KM Siret berhasil mengevakuasi 28 orang penumpang. Namun, proses evakuasi hanya dapat dilakukan satu kali karena terkendala cuaca buruk.

Pada hari Senin (4/3/2013), tim Basarnas Pos Agats kembali melakukan evakuasi dengan menggunakan empat kapal motor serta mengevakuasi 95 orang penumpang dan kru kapal. Dari total 123 orang penumpang dan kru KM Valentine yang dievakuasi, empat orang di antaranya dalam kondisi sakit sehingga langsung dibawa ke RSUD Asmat.

Pada hari yang sama dengan kejadian KM Valentine, tim SAR Pos Agats juga menerima laporan mengenai seorang anak buah kapal (ABK) KM Musdalifa yang melompat dari kapal dan hanyut dibawa ombak. Informasi dari kapten KM Musdalifa kepada tim SAR, seorang ABK melompat dengan membawa jeriken karena menduga kapal akan terbalik dihantam ombak.

Dijelaskan Karel, berdasarkan laporan tim SAR Pos Agats, upaya pencarian ABK KM Musdalifa agak lambat karena kesalahpahaman saat menerima laporan. Upaya pencarian terhadap ABK KM Musdalifa baru dilakukan hari ini dengan menggunakan dua perahu karet, masing-masing membawa lima personel yang melibatkan semua potensi SAR dari Dinas Perhubungan Asmat, kepolisian, dan warga setempat.

"Siang ini, pencarian sudah dilakukan dengan dua armada perahu karet. Pertama pencarian dilakukan ke arah Pantai Kasuari, dan kedua dari Agats menuju Pulau Tiga," jelas Karel.

Karel menyatakan masih menunggu laporan hasil pencarian hari ini dengan tim SAR Pos Agats, Kabupaten Asmat, yang berada di bawah koordinasi SAR Timika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com