Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Beri Pelatihan Ahli Panas Bumi Indonesia

Kompas.com - 28/02/2013, 12:12 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com — Jepang melalui Japan International Cooperation Agency atau JICA memberikan pelatihan kepada 40 ahli panas bumi di Indonesia melalui lokakarya yang digelar di Hotel Mason Pine, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (28/2/2013). Pelatihan yang sudah digelar untuk ketiga kalinya ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas data eksplorasi panas bumi di Indonesia.

"Dan tentunya bisa mengurangi risiko dari perusahaan pemegang izin usaha penambangan (IUP)," kata Calvin Karo-Karo Gurusinga, Kepala Pusat Sumber Daya Geologi, Kamis.

Pelatihan ini, lanjut Calvin, diikuti oleh 20 ahli dari Jepang sebagai pemateri. Dengan demikian, transfer ilmu bisa berlangsung kepada ahli yang dimiliki Indonesia. JICA juga mengajak peserta untuk belajar ke Jepang secara langsung.

Perwakilan JICA di Indonesia, Yuki Inoue, mengatakan bahwa pihaknya memiliki komitmen untuk mengembangkan energi ramah lingkungan, terlebih lagi Indonesia memiliki potensi luar biasa dalam panas bumi. Kerja sama ini diharapkan bisa berlanjut di masa mendatang.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com