Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nono Sampono Gagal "Nyalon" di Pilgub Maluku

Kompas.com - 26/02/2013, 12:44 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Mantan Komandan Marinir, Letjen (Pur) Nono Sampono dipastikan tidak dapat maju bertarung dalam pemilihan gubernur Maluku yang digelar Juni 2013 mendatang, setelah yang bersangkutan tidak memperoleh satu pun rekomendasi partai politik.

Kepastian tidak terakomodasinya Nono sebagai bakal calon gubernur Maluku muncul setelah sejumlah partai politik lebih memilih figur lain dibanding mantan calon wakil gubernur DKI Jakarta tersebut.

Sebelumnya, Nono mendaftar ke sejumlah partai politik di antaranya, Partai Golkar, PDIP, Demokrat, Hanura dan sejumlah partai lain. Namun setelah penutupan pendaftaran bakal calon gubernur di KPUD Maluku, Mantan Kepala Basarnas ini ternyata tidak terlihat hadir mendaftarkan dirinya.

Ketua KPUD Maluku, Idrus Tatuhey kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (26/2/2013) mengakui jika Nono dinyatakan gagal ikut pilgub Maluku. "Ya Anda kan tahu Pak Nono tidak direkomendasi satupun parpol, ya Anda bisa jawab sendiri tanpa harus bertanya," kata Idrus.

Sebelumnya, beredar kabar, Nono berpeluang besar direkomendasikan Partai Demokrat dan PDIP, namun hingga batas akhir pendafatarn di KPUD, Nono tidak juga mendapatkan rekomendasi kedua partai tersebut.

Nono sendiri sudah membentuk tim pemenangannya, dengan membentuk posko pemenangan di sejumlah kawasan di Ambon dan kabupaten lainnya, ia pun kerap melakukan sosialisasi kepada masyarakat,

Selain Nono, salah satu mantan jenderal lainnya, Brigjen (pur) Jhon Pelupssy juga gagal ikut ambil bagian di Pilgub Maluku setelah yang bersangkutan tidak direkomendasikan partai politik. Jhon mendaftar sebagai bakal calon Gubernur di PDIP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com