Kamis, 18 September 2014

News / Regional

Pilkada Jawa Tengah

Siapapun yang Direkomendasi PDIP di Jateng, Harus Didukung

Senin, 4 Februari 2013 | 06:38 WIB

Terkait

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Puan Maharani, Minggu (3/2/2013) mempersilakan para pendaftar kandidat gubernur-wakil gubernur Jawa Tengah melalui PDIP yang bukan kader partai supaya mencari kendaraan partai lain.

Rekomendasi partai berlambang kepala banteng itu akan diprioritaskan bagi kader internal partai yang harus didukung seluruh elemen partai.

Hal itu disampaikan Puan Maharani, Minggu sore, usai menggelar konsolidasi dengan jajaran DPC PDI Perjuangan Kabupaten Purbalingga di Gedung Bina Sejahtera, Kabupaten Purbalingga.

"DPP yang akan menentukan siapa yang akan mendapatkan rekomendasi. Semuanya tentu berdasarkan berbagai pertimbangan," jelasnya.

Menurut Puan, DPP PDIP masih mempertimbangkan sosok yang layak mendapat rekomendasi. Namun, sosok tersebut tidak akan jatuh kepada orang di luar partai.

"Prioritas kami untuk kader PDIP karena sosok berkualitas di Jawa Tengah ini banyak," katanya.

PDI Perjuangan, lanjut Puan akan berupaya semaksimal mungkin mempertahankan kursi Gubernur Jateng untuk konsolidasi 2014. Saat ini, PDIP menempatkan Bibit Waluyo dan Rustriningsih pada kursi Gubernur-Wakil Gubernur Jateng.

Puan menegaskan, siapa pun kader yang akan mendapatkan rekomendasi harus didukung seluruh komponen partai untuk memenangkannya.

Namun, keputusan final tetap akan diserahkan kepada Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Beberapa nama yang mengerucut untuk mendapat rekomendasi PDIP yakni anggota DPR Ganjar Pranowo dan Rustriningsih yang kini menjabat Wagub Jateng. 

 


Penulis: Gregorius Magnus Finesso
Editor : Robert Adhi Ksp