Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Pencurian ternak, Warga rela Tidur di Kandang Sapi

Kompas.com - 04/02/2013, 00:25 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Kandang ternak kelompok untuk korban erupsi Merapi dibangun terlalu jauh dari hunian tetap (huntap). Jauhnya letak kandang ternak tersebut membuat hewan ternak Sapi milik warga rawan terhadap aksi pencurian.

Mengantisipasi aksi pencurian hewan ternak, beberapa warga yang tergabung dalam kelompok ternakpun harus rela menginap di kandang secara bergiliran.

Salah satu warga yang menempati Huntap Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Ramiya (54) mengatakan, semua anggota ternak akan mendapat giliran tidur dikandang untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan.

"Kita giatkan ronda setiap malam dan dua orang menginap di kandang. Kondisi kandang yang jauh dan sepi jelas membuat kita kawatir," kata Ramiya, Minggu (3/2/2013).

Ia berharap ada kepedulian dari pemerintah dalam mengawasi hewan ternak. Setidaknya hal itu bisa membuat kelompok-kelompok peternak merasa aman. Ditempat berbeda Kapolsek Cangkringan, AKP Surahman mengatakan, pihaknya akan meningkatkan kegiatan patroli ternak terpadu untuk mengawasi hewan ternak.

"Saat ini ada 4 anggota Babinkamtibmas, kita sedang usulkan ke Polres Sleman untuk menambah petugas menjadi 5 orang ," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com