Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satpol PP Awasi Warga yang Buang Sampah

Kompas.com - 26/01/2013, 23:00 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com - Pascapembongkaran tempat pembuangan sampah (TPS) yang berada tak jauh dari RSUD dr Fauziah Bireuen oleh Dinas Pengelolaan Pasar, Jumat (25/1), pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bireuen, tetap bersiaga sampai satu minggu ke depan guna mengantisipasi warga kembali membuang sampah di sana.

Komandan Satpol PP Bireuen, Mukhsin, mengatakan penjagaan dimulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB tengah malam, dilanjutkan, pukul 05.00 sampai pukul 08.00 WIB pagi. "Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak membuang lagi sampah kemari," katanya, Sabtu (26/1/2013).

Selama ini TPS yang berjarak hanya 10 meter dari rumah sakit itu menimbulkan keresahan bagi pasien atau pengunjung RS. Di samping menebar aroma busuk, tumpukan sampah itu menjadi pemandangan bagi siapapun yang hendak masuk ataupun keluar RS tersebut.

"Apalagi jalan masuk kota juga dari sini, sehingga antisipasi agar wajah kota bersih dan indah makanya TPS ini dipindahkan," lanjut Mukhsin.

Di samping itu, pembongkaran dilakukan sehubungan adanya perubahan sistem pengangkutan sampah secara langsung guna mengantisipasi sampah menumpuk.

Lokasi bekas TPS dimaksud juga direncanakan dihijaukan menjadi taman kota dengan luas 8x14 meter. Rencana ini sejalan dengan upaya mewujudkan Bireuen bersih dan hijau agar tidak membahayakan kesehatan masyarakatnya.

Untuk pembuangan sampah, sementara ini disiagakan truk dan kontainer yang diparkir dekat kantor peternakan tak jauh dari lokasi lama." Untuk menampung sampah, kontainer ditempatkan di lokasi mulai pukul 12.00 hingga pukul 19.00 WIB," tandas Mukhsin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com